Pencanangan Desa Cantik di 104 Kelurahan, Pj : Data Statistik Elemen Penting Pengambilan Kebijakan

  • Bagikan

sinargunung.com, Kota Tangerang | Dalam upaya mewujudkan ekosistem data yang terintegrasi dan valid di seluruh kelurahan di Kota Tangerang, Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang Launching Pencanangan Desa Cantik di 104 Kelurahan di Kota Tangerang.

Launching tersebut berlangsung di Ruang Al-Amanah Pusat Pemerintahan Kota Tangerang, pada Rabu (12/6), yang dihadiri oleh Deputi Stastik BPS RI, Plh Kepala BPS Provinsi Banten, serta 104 Lurah se-Kota Tangerang.

Dalam kesempatannya, Penjabat (Pj) Wali Kota Tangerang, Dr. Nurdin, menuturkan, pencanangan ini dapat membangun kelurahan yang cerdas dan berbasis data.

“Dengan data yang akurat dan valid, Kota Tangerang dapat melakukan perencanaan dan pembangunan yang lebih efektif dan efisien,” ujar Pj Wali Kota.

Lebih lanjut, Program Desa Cinta Statistik (Cantik) di 104 kelurahan ini akan memberdayakan kader statistik di setiap kelurahan untuk mengelola data dan berkontribusi dalam pengambilan keputusan di tingkat kelurahan dan kota.

“Data statistik bisa digunakan sebagai acuan atau solusi untuk membuat program dan kebijakan pembangunan yang tepat sasaran dan efektif, memantau kemajuan pembangunan dan memastikan bahwa program pembangunan berjalan sesuai dengan rencana,” ungkap Dr. Nurdin.

Dr. Nurdin, juga berharap, program ini dapat meningkatkan literasi statistik di kalangan masyarakat. “Masyarakat harus memahami, data statistik bukan hanya angka, tetapi juga informasi berharga yang dapat digunakan sebagai solusi untuk meningkatkan pembangunan di Kota Tangerang,” jelasnya.

Program Desa Cantik di 104 kelurahan, sambung Alumnus Universitas Padjajaran ini, diharapkan dapat menjadi langkah awal untuk mewujudkan Kota Tangerang yang lebih maju.

“Harapan kita, data-data yang ada, bukan hanya sekadar angka-angka, tapi dapat berkontribusi maksimal dalam proses pengambilan keputusan di Kota Tangerang,” pungkasnya.

Sementara itu, Deputi Statistik Sosial BPS RI,
Ateng Hartono, yang hadir dalam acara peluncuran ini, mengapresiasi Pemkot Tangerang atas program Desa Cantik di 104 Kelurahan Cinta Statistik.

“Pertama saya mengucapkan terima kasih dan apresiasi atas peluncuran Kelurahan Cinta Statistik, karena yang sebelumnya hanya tiga kelurahan, kini menjadi 104 kelurahan, tentunya program ini merupakan langkah yang tepat untuk meningkatkan kualitas data di Indonesia,” tutup Ateng. (*)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *