Meski Capaian RB Terus Meningkat, Dr. Nurdin : Jadikan sebagai Pelecut agar Pelayanan Semakin Optimal

  • Bagikan

sinargunung.com, Kota Tangerang | Capaian Indeks Reformasi Birokrasi (RB) Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang sesuai hasil evaluasi dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, dari tahun 2018-2022 terus mengalami peningkatan dari Tahun 2018 sampai Tahun 2023, dari predikat CC kemudian meningkat menjadi ”A-”, yang membuat Pemkot Tangerang berhasil meraih penghargaan nasional sebagai instansi pemerintah dengan Implementasi Reformasi Birokrasi Tematik Terbaik pada Tahun 2023.

Namun demikian, Penjabat (Pj) Wali Kota Tangerang, Dr. Nurdin, mengingatkan agar pencapaian tersebut tidak menjadi tolok ukur dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat di mana dirinya ingin agar pelayanan dapat terus ditingkatkan dan dioptimalkan.

“Capaian Indeks RB tersebut harus menjadi pelecut agar pelayanan dapat semakin baik lagi. Dan tentunya sebagai smart city, mindset kita juga harus mulai berubah di mana pelayanan sudah harus mengarah dan berbasis pada perkembangan teknologi berupa penerapan model tata kelola Sistem Pemeritahan Berbasis Elektronik (SPBE) agar lebih mudah diakses oleh masyarakat. Di mana segala sesuatunya dapat terintegrasi menggunakan micro services,” tutur Pj Wali Kota, dalam arahannya saat menutup kegiatan Monitoring dan Evaluasi Reformasi Birokrasi si Grand Dafam Hotel Ancol, Jakarta, Kamis, (27/06).

Dr. Nurdin, menambahkan, esensi dari RB adalah agar tata kelola pemerintahan dapat berjalan lebih baik, sehingga pembangunan dan pelayanan kepada masyarakat dapat semakin optimal.

“Itulah mengapa dalam era digital seperti sekarang, kita dituntut untuk terus berinovasi dan penggunaan teknologi informasi harus dioptimalkan untuk meningkatkan efisiensi serta efektivitas pelayanan publik. Selain tentunya transparansi dan akuntabilitas juga sangatlah penting di mana kita harus memastikan setiap proses dan hasil dari RB dapat diakses dan dipahami oleh masyarakat,” terang Dr. Nurdin.

Untuk itu, mantan Kepala Pusdatin Kemendagri tersebut, berharap kegiatan monitoring dan evaluasi diselenggarakan selama tiga hari dari tanggal 25-27 Juni 2024 tersebut, dapat senakin meningkatkan kualitas dan capaian Indeks RB yang berujung pada peningkatan kualitas pelayanan serta programp-program pembangunan di Kota Tangerang.

“Mari kita jadikan RB ini sebagai momentum untuk memperkuat komitmen kita dalam memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat Kota Tangerang. Dan tentunya, dengan konsistensi, kerja keras serta kolaborasi yang tiada henti antara pemerintah dan berbagai elemen masyarakat, saya yakin kita dapat mewujudkan RB yang berdampak nyata bagi kesejahteraan masyarakat,” pungkas Pj. (rls/p.h)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *