Benyamin Optimis UMKM Tangsel Siap Jadi Penggerak Ekonomi Kreatif dan Mendunia

  • Bagikan

sinargunung.com, Tangsel |  Wali Kota Tangerang Selatan (Tangsel) Benyamin Davnie menyampaikan harapan dan optimisme tinggi terhadap kemampuan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) untuk bertransformasi menjadi usaha mandiri kreatif bernilai miliaran.

Pernyataan ini disampaikan dalam penutupan acara Karya Kreatif Banten (KKB) dan Digiwara Fun Fest 2024 yang berlangsung di Bintaro Jaya Xchange Mall, Minggu (09/06/2024).

Benyamin Davnie mengatakan bahwa dari kegiatan KKB dan Digiwara Fun Fest yang telah diselenggarakan selama lima hari dari tanggal 5-9 Juni 2024 ini menunjukkan bahwa banyak potensi daerah yang bisa terus dikembangkan dan menjadi produk unggulan daerah dengan target meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

“Melihat potensi ini, maka seharusnya UMKM bertransformasi, bukan lagi menjadi pejuang ekonomi bawah, bukan lagi namanya Usaha Mikro, Kecil dan Menengah tetapi kita terjemahkan sebagai Usaha Mandiri, Kreatif Miliaran, karena mikro ini sudah berpotensi menjadi miliaran,” ujar Benyamin.

Dengan suksesnya acara ini, Wali Kota Benyamin Davnie optimis bahwa inovasi dan kreativitas pelaku UMKM akan terus berkembang, mendorong pertumbuhan ekonomi yang lebih baik dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat Tangerang Selatan. Produk-produk UMKM diharapkan bisa bersaing dan diekspor ke luar daerah, bahkan internasional, sehingga memberikan dampak positif bagi perekonomian lokal.

Benyamin menyebutkan, ada tiga kategori produk UMKM dari Tangerang Selatan yang cukup berpeluang besar menjadi usaha kreatif yang dapat diekspor ke luar negeri yakni kuliner, fashion dan kerajinan (craft).

“Tiga kategori produk UMKM di Tangerang Selatan yang mempunyai harapan besar yaitu jasa kuliner di Tangerang Selatan ini tersedia, fashion dan kerajinan atau craft. Tetapi yang lainnya juga ada di bidang seni, baik kontemporer maupun modern di Tangerang Selatan ini sangat kompetitif. Ada banyak produk-produk UMKM yang bisa di ekspor ke luar dari Tangerang Selatan ini,” kata dia.

Dalam sambutannya, Benyamin juga mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah berkontribusi dalam menyukseskan acara tersebut. Pemerintah Kota Tangerang Selatan juga siap untuk kembali berkolaborasi dengan kegiatan ini tahun 2025 mendatang.

“Saya mewakili Pemerintah Kota Tangerang Selatan, mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah bersinergi dan berkolaborasi dalam berbagai kegiatan demi satu tujuan, yaitu mencapai ekonomi kreatif yang maju dan mandiri, termasuk dalam pengembangan UMKM, promosi wisata, dan peningkatan inklusi ekonomi keuangan digital melalui pelaksanaan Karya Kreatif Banten dan Digiwara Fun Fest 2024,” ujar Benyamin.

Benyamin yakin bahwa rangkaian kegiatan KKB dan Digiwara Fun Fest 2024 ini dapat menjadi momentum bagi pelaku UMKM untuk mengembangkan inovasi dan kreativitas produk-produk mereka, serta mendorong pertumbuhan ekonomi yang lebih baik dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat Tangerang Selatan.

Pemerintah Kota Tangerang Selatan akan terus mendukung dan mengembangkan sektor UMKM sesuai dengan motto pembangunan Kota Tangerang Selatan yakni Cerdas, Modern, dan Religius. Salah satunya dengan mengedepankan modernitas dan inovasi pada berbagai aspek, terutama dari sisi elektronifikasi transaksi pemerintah daerah untuk memberi kemudahan bagi masyarakat.

Sebagai informasi, pada acara opening Karya Kreatif Banten dan Digwara Fun Fest 2024, Kota Tangerang Selatan memperoleh apresiasi dan penghargaan Digiwara Award Terbaik 1 dari Provinsi Banten atas pencapaian kesuksesan transformasi transaksi pemerintahan daerahnya.

Tidak hanya inovasi dalam bidang elektronifikasi pemerintah daerah, Kota Tangerang Selatan juga mendukung ekonomi kreatif lewat pembinaan pelaku UMKM dengan total 149.000 UMKM yang tersebar di Kota Tangerang Selatan. (*)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *