Akibat Sistem BPJS Error , Pasien membludak Di RSUD Kota Tangerang

  • Bagikan

SINARGUNUNG.COM, TANGERANG KOTA |Pasien terlihat membludak di ruang loket pendaftaran RSUD Kota Tangerang. Penyebab antrean panjang itu dikarenakan adanya kendala pelayanan server BPJS Pusat yang mengalami erorr, Senin (13/5/2024).

Humas RSUD Kota Tangerang, dr.Fika menjelaskan, bahwa membludaknya kunjungan pasien rawat inap yang hampir 700 pasien perhari itu menyebabkan penumpukan di loket pendaftaran RSUD Kota Tangerang.

Menurut dia, hal ini dikarenakan sistem pelayanan BPJS Pusat mengalami erorr.

Antren panjang itu terjadi sejak Pukul 07.00 WIB hingga Pukul 09.00 WIB.“Ini baru pertama kali terjadi dikarenakan seluruh sistem BPJS se-Indonesia mengalami gangguan,” ujarnya kepada wartawan.

“Ini jarang sekali terjadi, sekalipun terjadi pasti malam hari disaat sistem jarang digunakan. Tapi baru kali ini sistem erorr pada pagi hari sampai jam 9.15 pagi. Itu pun sistem sudah bisa berjalan cuma agak lambat,” katanya menambahkan.

Dari kejadian itu, pihak RSUD Kota Tangerang tidak bisa mencetak SEP (Surat Eligibilitas Peserta) sehingga menyebabkan membludaknya pasien di RSUD Kota Tangerang.

“Kalau sistem BPJS erorr pihak rumah sakitpun tidak bisa mencetak SEP, jadi surat tersebut sebagai dasar pasien bisa dijamin oleh BPJS. SEP itu tidak bisa kita cetak berarti penjaminan BPJS nya belum bisa dilakukan, bahkan tadi-pun pasien ada yang pulang dikarenakan belum melunasi pembayaran BPJS,” terang Fika menjelaskan.

Fika berharap, jika kedepan sistem ini masih sering erorr pada pagi hari , maka menurut dia pihak BPJS harus memperbaiki sitem tersebut.

“Jika tidak ini akan mempersulit pasien yang ingin berobat dirumah sakit,”pungkasnya. (*)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *